Rabu, 23 Oktober 2013

TEAMWORK DAN IMPLIKASI MANAJERIAL


  • TEAMWORK

Menurut wikipedia bahasa indonesia Kerjasama atau teamwork merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama dapat sejumlah ranah bisnis, pertanian, dan perusahaan dapat diwujudkan dalam bentuk koperasi.
Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang berlawanan dengan kompetisi. Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk pengelolaan urusan perorangan.
Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal.
Menurut pribadi saya, Teamwork bisa dikatakan juga sebagai kerja sama , dua atau lebih orang yang memiliki sifat, karakter, latar belakang yang berbeda satu sama lain , tetapi bergabung untuk tujuan yang sama . Bisa dalam membangun usaha , bisa dalam menyelesaikan masalah ,dan juga bisa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Menurut saya , dengan adanya teamwork yang baik,pekerjaan atau tujuan akan mudah kita selesaikan, dengan berbagai ide,konsep,dan pemikiran yang lebih luas.  Sayangnya , membuat teamwork yang baik itu tidak mudah , dibutuhkan saling pengertian dan menghargai dari masing-masing individu. Karena dengan berbedanya ide,konsep,dan pemikiran masing-masing individu itulah yang dapat memunculkan masalah. Tapi,menurut saya “perbedaan itu indah” melalui perbedaanlah kita dapat belajar. Berbeda bukan berarti tidak cocok.

"Tujuan kita hanya dapat diraih dengan bantuan rencana yang dapat dipercaya dan bisa digunakan untuk memimpin tindakan kita dengan bersemangat. Tidak ada jalan lain untuk meraih keberhasilan" -Pablo Picasso-

  • Manfaat Teamwork

Tentu sudah bisa dipastikan, dengan bekerja sama pekerjaan yang kita lakukan akan lebih mudah dan dapat mempersingkat waktu. Selain itu kita juga dapat belajar dan mempeluar pemikiran satu sama lain dengan bertukar pendapat,ide,dan konsep.
Banyak sekali keuntungan dalam teamwork dibandingkan dengan bekerja secara individu. Hal-hal yang kita anggap sulit dapat menjadi lebih mudah dan selesai lebih optimal dengan adanya teamwork. Menurut saya teamwork harus dibiasakan dari kecil,agar kita terbiasa berbagi. Tidak egois dan bisa menghargai pendapat orang lain,mengingat kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan orang lain.

  • IMPLIKASI MANAJERIAL

Teori dikemukakan oleh Robert K. Blake dan Jane S. Mouton yang membedakan dua dimensi dalam kepemimpinan, yaitu “concern for people” dan “concern for production”. Pada dasarnya teorimanagerial grid ini mengenal lima gaya kepemimpinan yang didasarkan atas dua aspek tersebut, yaitu :

Improvised artinya pemimpin menggunakan usaha yang paling sedikit untuk menyelesaikan tugas tertentu dan hal ini dianggap cukup untuk mempertahankan organisasi.
Country Club artinya kepemimpinann didasarkan kepada hubungan informal antara individu artinya perhatian akan kebutuhan individu dengan persahabatan dan menimbulkan suasana organisasi dan tempo kerja yang nyaman dan ramah.

sedangkan,menurut "kamus besar Bahasa Indonesia" , kata implikasi berarti akibat . kata impplikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen

Implikasi Terhadap Sistem Komunikasi Organisasi
Teori ini memusatkan bagaimana seorang pemimpin memotivasi orang-orang sehingga mampu berkontribusi dalam suatu organisasi .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar